Jelang KTM ke-46 OKI di UEA, Tiga Isu Jadi Fokus Indonesia

JAKARTA, (Wartamuslimin.com) — Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi akan menghadiri Konferensi Tingkat Menteri (KTM) ke-46 Organisasi Kerja sama Islam (OKI) di Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab pada 1-2 Maret 2019 mendatang.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir dalam “press briefing” di Jakarta, Kamis (21/02).

KTM ke-46 OKI mengusung tema “50 Tahun Peta Jalan Menuju Kerja Sama Islam untuk Kemakmuran dan Pembangunan” (50 Years of Islamic Cooperation Road Map for Prosperity and Development).

Arrmanatha menyebutkan pertemuan tingkat menteri OKI itu akan menghasilkan satu deklarasi yang berisi komitmen politis negara-negara anggota OKI untuk isu-isu yang terkait dengan tema pertemuan tersebut.

Selain deklarasi, menurutnya, akan ada sekitar 130 resolusi yang akan disahkan dalam KTM ke-46 OKI, yang antara lain meliputi resolusi terkait kerja sama di bidang keuangan, politik, dan isu Palestina.

Selanjutnya, ada beberapa isu yang akan menjadi perhatian dan dibahas dalam KTM ke-46 OKI, antara lain mengenai kemajuan proses perdamaian Palestina-Israel, upaya internasional untuk pemberantasan terorisme, kerjasama ekonomi, dilansir dari Antara.

Arrmanatha Nasir mengatakan, untuk Indonesia, beberapa isu yang menjadi perhatian adalah mendorong kerja sama OKI di bidang ekonomi dan IPTEK.

Indonesia juga akan mendorong kerja sama dan dukungan dari OKI untuk ‘global compact on safe and orderly migration’ (persetujuan global tentang migrasi yang aman dan tertib).

Selain itu, pemerintah Indonesia akan memanfaatkan kesempatan di KTM OKI itu untuk menggalang dukungan bagi pencalonan Indonesia untuk keanggotaan Dewan HAM PBB periode 2020-2022.[NZ]