Berkiprah 21 Tahun, FLP Bertekad Geliatkan ‘Literasi Berkeadaban’

SOLO, (Wartamuslimin.com) — Berkiprah cukup lama selama 21 tahun, Forum Lingkar Pena (FLP) menggelar acara puncak Milad di kota Solo.

Peringatan Milad ke-21 FLP dimeriahkan dengan menggelar Seminar Nasional bertajuk “Literasi Berkeadaban: Menguatkan Jati Diri Bangsa di Era Digital”, di Auditorium Gedung F FKIP, Universitas Sebelas Maret (UNS), Ahad (25/02/2018)

Milad ke-21 FLP sengaja digelar di Kota Solo sebab musabab Solo merupakan salah satu kota yang menjadi tonggak literasi di Indonesia.

Ketua Umum FLP, Afifah Afra menuturkan, literasi merupakan hal penting dalam membangun Indonesia agar tumbuh menjadi bangsa yang unggul. Literasi juga menjadi faktor penting dalam mempertahankan karakteristik Indonesia sebagai bangsa yang beradab.

“Era Digital membuat segala sesuatu mengglobal, batas-batas fisik maupun non-fisik melebur. Kekhasan hilang, padahal dengan kekhasan justru bangsa ini akan tumbuh menjadi bangsa yang unggul.” pungkas Afifah Afra.

Afra menambahkan, pihaknya akan segera melakukan konsolidasi dengan pengurus FLP tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota. Ia mengungkapkan bahwa literasi berkeadaban akan menjadi bagian dari materi dasar pelatihan kepenulisan dan kaderisasi anggota FLP.

“Sehingga literasi berkeadaban ini bukan hanya dalam tataran pengetahuan saja, tapi dalam tataran motorik,” imbuhnya.

Acara Seminar Nasional ini menghadirkan Ketua Program Doktor Pendidikan Islam Universitas Ibnu Khaldun Bogor, Dr. Adian Husaini, M.A dan Ketua Dewan Pertimbangan FLP, M. Irfan Hidayatullah, M.Hum sebagai pembicara serta Ganjar Widhiyoga, Ph.D yang bertindak sebagai moderator.

Dalam kegiatan itu pula, FLP juga melakukan Launching Blogger FLP. Pada Milad ke 21 FLP juga melakukan penggalangan dana dari para anggota untuk anak-anak pengidap HIV AIDS di Rumah Lentera, Solo.[NZ]