Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Gelar Buka Puasa Bersama Mualaf Pedalaman Nias

NIAS, (Wartamuslimin.com) — Laznas BMH dengan core program dakwah dan pendidikan terus menguatkan program berbagi kebaikan di bulan penuh kemuliaan ini. Di antaranya dengan menggelar buka puasa bersama masyarakat pedalaman, tidak terkecuali dengan para mualaf. Kali ini Laznas BMH Perwakilan Sumatera Utara menggelar buka puasa bersama dengan para mualaf di pedalaman Nias.

“Alhamdulillah, Ahad (27/5) sore ini jamaah Masjid Mualaf Al-Hidayah telah melaksanakan kegiatan buka puasa dan makan malam bersama. Acara dilaksanakan di Masjid Mualaf Al-Hidayah yang terletak di Desa Lolozasai, Kecamatan Gido, Kabupaten Nias, Sumatera Utara,” terang Kepala BMH Perwakilan Sumatera Utara, Roni melalui rilisnya, Senin (28/05).

Di desa tersebut, jumlah mualaf hanya terdiri dari 16 kepala keluarga (KK). “Jadi, buka puasa ini adalah buka puasa masyarakat minoritas,” imbuhnya.

Selain minoritas, para mualaf juga berpencar-pencar tempat tinggalnya.  Jarak antara keluarga Muslim satu dengan keluarga Muslim yang lainnya berjauhan.

Hal ini merupakan bagian dari kendala ketika akan mengadakan kegiatan-kegiatan keagamaan yang dipusatkan di Masjid Mualaf al-Hidayah.

“Meskipun demikian, Alhamdulillah pada malam hari ini jamaah bisa berkumpul sebanyak 50 orang dalam rangka menjalin silaturahim dalam rangkaian kegiatan berbuka puasa bersama,” ucapnya.

Roni menyebutkan, kegiatan ini dapat terlaksana atas dukungan Kitabisa.com selaku mitra penghimpunan donasi program. Semula tim BMH bermaksud menyalurkan paket buka puasa tersebut dalam bentuk kue dan nasi kotak.

“Tapi atas saran dai tangguh di lokasi, dan kesanggupan masyarakat setempat, akhirnya dana yang ada kemudian dikelola dan diolah dengan memasak menu buka puasa secara bersama-sama oleh warga setempat,” jelas Roni.

Ia mengungkapkan, dengan cara memasak bersama justru semakin mengeratkan ukhuwah antarjamaah. Sehingga, pelaksanaan buka puasa pun terasa sangat hangat dalam balutan nuansa kekeluargaan dan persaudaraan karena iman.

“Tentu kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Baitul Maal Hidayatullah yang telah menyampaikan amanah dari para Muhsinin yang turut andil dalam membantu untuk membahagiakan para mualaf pedalaman dalam kegiatan buka puasa bersama baik secara moril maupun materil, ” ungkap dai tangguh BMH yang membina warga mualaf di Nias, Ustaz Faris.

“Tentu besar harapan kami pula kepada para Muhsinin untuk tetap bergabung dalam membahagiakan mualaf pedalaman tidak hanya untuk kali pertama ini saja melainkan besar harapan kami untuk tetap berkelanjutan,” harapnya.

Sementara itu, seorang warga mualaf mengkhaturkan rasa terima kasih atas kepedulian BMH terhadap mereka selama ini.

“Kami ucapkan jazakumullah khairan, semoga Allah membalas kebaikan ini dengan sesuatu yang lebih baik lagi. BMH datang bukan sekali-kali, tapi terus membina kami dan memerhatikan kami. Hanya Allah yang bisa membalas ini semua, aamiin yaa robbal alamin,” ungkap Ibu Kasmawati.