Mapala IIM dan Perpustakaan Sriwedari Gelar Workshop Eco Sociopreneur

SOLO,(Wartamuslimin.com)- Mahacita ,Mapala  Kampus Institut Islam Mambaul’ulum (IIM) bekerjasama dengan Perpustakaan Sriwedari mengadakan Workhsop  Eco – Sociopreneur, Sabtu (15/02/20) bertempat di Perpustakaan Sriwedari.


Menyongsong hari Peduli Sampah Nasional  yang akan jatuh pada 21 Februari  nanti Mahacita Mapala  IIM bekerjasama dengan Perpustakaan Sriwedari mengadakan workshop. Kegiatatan workshop menghadirkan pakar  Pendidikan Lingkungan dan Kebencanaan  dan sekaligus Founder Bank Sampah Kreasik Sriwedari yaitu Miftahul Arozaq, S.Si, M.Pd.

Ketua Panitia, sekaligus tim dari Mahacita Mapala IIM, Ismu mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari diskusi lingkungan yang berupa Ngopi Kesaplak beberapa waktu lalu.  workshop ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan praktik untuk membuat eco socioprenur dikalangan mahasiswa dalam mewujudkan social impact.



Sementara itu salah seorang peserta Khusnul  mengaku sangat senang mengikuti kegiatan ini. Dia banyak belajar tentang bagaimana mengembangkan startup dengan Social Bussiness Model Canvas. Hal ini dikarenakan pemateri menyampaikan informasi cara membangun bisnis sosial yang berwawasan lingkungan.

“Saya sangat senang, karena ini bisa menambah pengetahuan sekaligus ide tentang pengembangan bisnis startup dengan Social Bussiness Model Canvas,” kata Khusnul.

Kegiatan workshop dimulai dengan pemaparan pemateri tentang Social Businness Model Canvas yang dilanjutkan dengan peserta melakukan praktek mendesain social bussinesnya. Salah satu peserta memaparkan  rencananya membuat produk pembalut kain syariah, yang rencananya akan dipraktekan dalam beberapa bulan ke depan.


Keberadaan acara workshop ini disambut baik oleh pihak Perpustakaan Sriwedari. Pada kesempatan itu pula pengelola Perpustakaan Sriwedari, Fifi merasa senang adanya kerjasama antara Perpustakaan Sriwedari dengan Mahacita Mapala  IIM. Hal ini dapat menarik minat  masyarakat untuk datang ke perpustakaan untuk menghidupkan kegiatan literasi di Perpustakaan Sriwedari.

Reporter: Kukuh Subekti