KKN Universitas PGRI Madiun Sosialisasikan Gaya Pengasuhan Remaja

MADIUN-(Wartamuslimin.com) Mahasiswa Universitas PGRI Madiun (UNIPMA) tengah mengikuti serangkaian kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Bakti Negeri. Belasan mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 4 melaksanakan program KKNT di Desa Kedungpanji, Kecamatan Lembeyan, Kabupate Magetan. Salah satu agenda KKNT ialah sosialisasi gaya pengasuhan remaja.

Ketua KKNT Kelompok 4 UNIPMA, Mustakim Arianto mengungkapkan bahwa sosialisasi ini merupakan bagian dari program Bina Keluarga Remaja (BKR). Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kembali pemahaman orang tua terhadap perannya dalam mengasuh anak-anak remaja. Terutama berkaitan dengan pola komunikasi orang tua dan anak.

“Tujuan utama diadakan sosialisasi Bina Keluarga Remaja (BKR) ini adalah Meningkatkan jumlah orang tua yang memiliki remaja yang aktif dalam kegiatan BKR dan komunikasi antara orang tua dan anak” ujar Mustakim dalam keterangan tertulisnya kepada redaksi Wartamuslimin beberapa waktu lalu.

Mustakim menuturkan dalam suasana pandemi Covid-19 kegiatan KKNT juga dilaksanakan sesuai standar protokol kesehatan (Prokes). KKNT di Kedungpanji ini dilaksanakan setelah mereka mengurus izin dari Satuan Tugas Penanganan Covid daerah setempat. Bahkan dalam situasi pandemi UNIPA menerapkan aturan tidak semua mahasiswa KKNT diterjunkan ke lapangan.

“Dimana dalam satu kelompok 50% turun langsung ke lapngan sedangkan 50% nya lagi secara daring. Dilakukan sistem seperti ini agar tidak terjadi suatu kerumunan masa pada pandemi seperti saat ini,” tutur Mustakim.

Kegiatan KKNT Kelompok 4 melibatkan berbagai pihak mulai dari pihak kampus hingga aparat desa. Adapun nama-nama yang terlibat dalam kegiatan KKNT 4 UNIPMA seperti Nur Antika Eky Hastuti, S.Pd., M.Pd (dosen pembimbing), Sugeng (Kepala Desa Kedungpanji), Wati  Ketua PKK Kedungpanji, Nafik selaku Ketua Kader Posyandu.

Reporter: Kukuh Subekti