Muhammadiyah Tuntut Pemerintah Sikapi Tindakan Represif-Brutal Aparat

JAKARTA (Wartamuslimin.com) — Ketua PP Muhammadiyah, Dr. Anwar Abbas mendesak pemerintah tak diam dan harus mampu meminta polisi agar tidak bertindak represif.

“Pemerintah hrs mendesak dan memerintahkan pihak kepolisian dan aparat yang bertugas dilapangan untuk tidak melakukan hal-halyang bisa menyebabkan jiwa dan nyawa dari para pengunjuk rasa hilang,” pungkas Anwar Abbas, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (22/5/2019).

Menurut Anwar Abbas, karena hal ini selain tidak sesuai dengan sila kedua yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab juga akan merusak citra penegak hukum dan  keamanan serta pemerintah.

“Dan kalau ini terus berlanjut apalagi kalau masyarakat luas menilai pihak aparat penegak keamanan semakin represif dan brutal  tentu saja  masalah ini akan berdampak sangat buruk terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, polisi diduga telah mengambil langkah represif dengan menyerang warga Tanah Abang dan beberapa lokasi lainnya. Gubernur Anies Baswedan mengatakan 8 orang meninggal dunia korban penyerangan aparat kepolisian.