HUT ke-61 Pramuka, SMAIT Nur Hidayah Siapkan Pemimpin Tangguh dan Usung Kearifan Lokal

WARTAMUSLIMIN (SOLO)— SMA Islam Terpadu (IT) Nur Hidayah menggelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Pramuka yang ke 61, di sekolah setempat, Sukoharjo, Senin (15/8).

Peringatan hari pramuka kali ini, sekaligus dibarengkan dengan pelantikan Dewan Ambalan Hamka-Malahayati masa bakti  2022/2023 dengan pradana putra dan putri terpilih adalah Hilmy Faiq Arrozin dan Nida Nur Faizah.

 

Ustadz Muhammad Ihsan Fauzi selaku kamabigus memyampaikan bahwa pramuka adalah ajang untuk menempa diri menjadi pemimpin tangguh untuk bisa siap dan sigap dalam setiap keadaan, bertanggung jawab dan mampu menjadi pemimpin peradaban yang memiliki karakter kuat.

 

“Pembentukan karakter dan kepemimpinan merupakan prioritas utama dalam pendidikan di SMA IT Nur Hidayah, organisasi adalah ajang dalam penggodokan nilai nilai karakter yang ditanamkan termasuk juga melalui dewan ambalan Hamka-Malahayati,” jelas Ihsan.

Selain itu, peringatan hari pramuka mengusung kearifan lokal sebagai bentuk pelestarian budaya. Didepan lapangan upacara tersedia suguhan jamu gendong sebagai simbol budaya lokal daerah Sukoharjo.

 

“Usai upacara, guru dilayani jamu gendong oleh mbok jamu yang diperankan oleh budhe Karti, hal ini dilakukan sebagai upaya pengenalan kepada semua warga sekolah terutama siswa dari luar jawa, bahwa jamu gendong merupakan minuman tradisional kabupaten Sukoharjo,” Jelas  Ihsan.

 

Lebih lanjut Ihsan mengatakan, tema HUT Pramuka pada tahun ini adalah Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa, sehingga diharapkan pramuka Hamka Malahayati menjadi garda terdepan dalam pengabdian kepada masyarakat sehingga tercipta bangsa Indonesia yang tangguh dan kuat dalam menghadapi tantangan zaman. (Kukuh)